INFO TERBARU

Pertanyaan untuk Diri Sendiri Sebelum Ambil Makanan Agar Tidak Gemuk

Pertanyaan untuk Diri Sendiri Sebelum Ambil Makanan Agar Tidak Gemuk
Jakarta, Kegemukan menjadi masalah bagi sebagian besar orang dan perlu usaha yang lebih keras untuk menurunkannya. Diet penurunan berat badan harus mulai dilakukan sejak Anda mulai makan, sehingga Anda perlu membentengi diri dengan melontarkan pertanyaan-pertanyaan motivasi kepada diri sendiri.

Berikut 4 pertanyaan yang perlu Anda ajukan pada diri sendiri sebelum makan untuk mencegah kenaikan berat badan, seperti dilansirprevention, Senin (24/09/2012) antara lain:

1. Apakah saya lapar?

Banyak alasan mengapa seseorang makan, meski dirinya sedang tidak merasa lapar, yaitu seperti ketika merasa bosan, tidak nyaman, depresi atau ketika sedang mengidam makanan tertentu. Sebelum meraih makanan, tanyakan pada diri sendiri apakah Anda makan karena lapar atau sekedar untuk membunuh kebosanan dengan makan.

Jika Anda terus menuruti keinginan untuk makan atau meraih camilan dalam keadaan tidak lapar atau setelah makan, berat badan akan bertambah tanpa Anda sadari. Jika Anda benar-benar ingin makan makanan ringan, pastikan perut dalam keadaan sedikit lapar.

2. Apakah makanan ini dapat menggagalkan diet saya?

Seseorang mengambil makanan karena membutuhkan energi, sehingga makanan tersebut perlu menawarkan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Sehingga Anda perlu menanyakan pada diri Anda, apakah makanan yang akan Anda makan mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh atau tidak.

Makanan dengan nutrisi yang seimbang seperti mengandung karbohidrat, protein, lemak dan vitamin baik untuk dikonsumsi, tetapi jika makanan yang akan Anda makan terlalu didominasi oleh lemak jenuh, tentu akan meningkatkan risiko kegemukan.

3. Apakah porsi makan yang saya ambil sudah tepat?

Anda juga perlu mengetahui seberapa banyak porsi makanan yang seharusnya diambil agar tidak menggagalkan diet penurunan berat badan yang sedang Anda jalani. Porsi makan yang terlalu besar dan berlebihan tentu akan menambah berat badan secara perlahan.

Oleh karena itu, pikirkan kembali ketika Anda mengambil makanan, apakah porsi makanan yang Anda ambil telah mengandung gizi yang seimbang atau berlebihan. Untuk menurunkan berat badan, seseorang perlu menjaga makanan hingga sekitar 150 kalori, sarapan antara 300 dan 500 kalori, makan siang antara 400 dan 600 kalori, dan makan malam sekitar 400 dan 600 kalori.

4. Apakah ada alternatif lain untuk membuat makanan saya lebih sehat?

Salad mungkin menawarkan vitamin tinggi untuk tubuh, tetapi akan kehilangan nutrisi baiknya jika disajikan dengan saus mayones yang mengandung lemak tinggi. Sehingga Anda perlu mengetahui cara-cara untuk mengurangi kalori, lemak, kolesterol, sodium, dan gula pada makanan yang Anda pilih.