INFO TERBARU

Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan Kulit


Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan KulitBerita Bedali-Air kelapa merupakan cairan yang berasal dari buah kelapa. Air kelapa di daerah tropis banyak dimanfaatkan sebagai obat tonik. Air kelapa ini banyak mengandung antioksidan dan elektrolit yang berguna untuk pemulihan setelah olahraga, kalium adalah salah satu kandungan elektrolit yang terdapat pada air kelapa. Zat antioksidan yang terdapat pada air kelapa sangat baik untuk kesehatan kulit.
Mereka yang tinggal di daerah tropis seringmemanfaatkan air kelapa sebagai obat untuk penyembuhan, hal ini juga dibenarkan oleh seorang dokter naturopati, dr. Bruce Fife, ND. Menurutnya, air kelapa berguna untuk mengobati beberapa penyakit seperti hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung, selain itu juga mampu meningkatkan sirkulasi serta mengurangi terbentuknya plak pada arteri.
Sitokinin
Air kelapa adalah sumber yang baik dari sitokinin (hormon tanaman). Hormon-hormon tanaman tersebut sangat berguna untuk menghambat proses penuaan dini pada sel manusia, menjaga kehalusan kulit, dan tidak menyebabkan kulit menjadi kendur dan cacat. Jika sitokinin yang terdapat pada air kelapa diaplikasikan langsung terhadap kulit Anda, maka sitokinin akan bertindak sebagai jaringan ikat pada kulit Anda yang akan menjaga keelastisitasan kulit, menghilangkan kerutan, dan mengatasi kulit kering. Disamping itu, dengan meminum air kelapa akan memberikan efek anti penuaan dalam tubuh Anda, baik dari dalam sampai keluar, termasuk juga kulit Anda.
Antioksidan
Menurut Vanderbilt University, air kelapa adalah salah satu sumber antioksidan yang baik, antioksidan adalah nutrisi yang berguna mengatasi radikal bebas yang diakibatkan oleh stres yang dapat berpengaruh pada kerusakan kulit, contohnya paparan sinar matahari atau polusi. Salah satu penyebab radikal bebas adalah stres dalam tubuh Anda, yang paling berpengaruh adalah stres emosional yang mengakibatkan aliran darah ke kulit menjadi berkurang, ini memperbesar terjadinya proses penuaan dini. Air kelapa sangat berkontribusi terhadap kesehatan kulit dan juga vitalitas.
Dehidrasi
Menurut University of Maryland Medical Center, terjadinya dehidrasi yakni ketika tubuh banyak kehilangan cairan dan juga elektrolit. Gejala yang timbul jika terjadi dehidrasi yaitu kulit menjadi kering dan juga kendur, dan kulit menjadi lambat kembali seperti semula ketika dicubit (rebound). Dehidrasi juga dapat dilihat dari keluarnya keringat yang berlebih, produksi air mata. Kandungan elektrolit yang tinggi di dalam air kelapa sangat membantu untuk terhindar dari dehidrasi. Kandungan elektrolit seperti kalium sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan.