INFO TERBARU

Timnas U-23 Berpeluang Timba Ilmu di Barcelona

aji santoso-pelatih timnasBerita Bedali-Program persiapan timnas Indonesia U-23 untuk SEA Games 2013 yang telah disusun oleh Aji Santoso berpeluang tak dipakai. Kemungkinan ini terjadi setelah PSSI tengah menjajaki kemungkinan untuk memakai program dari sebuah promotor Nine Sport Inc. Dalam program Nine Sport Inc, timnas sendiri dijadwalkan melakukan persiapan jelang SEA di Barcelona dan Indonesia, selama satu tahun. Berdasarkan brosur yang diterima Bolanews, program persiapan timnas akan dimulai pada bulan November dan Desember 2012. Pada bulan itu, program persiapan masih dalam tahap mencari pemain terbaik. Direktur Teknik dan asisten pelatih Barcelona disebut akan terlibat dalam proses seleksi pemain.
Dari proses seleksi itu akan dipilih 30 pemain terbaik. Ke-30 pemain itu akan mengikuti pelatnas SEA Games di Barcelona dan serangkaian pertandingan persahabatan. Yang menarik, serangkaian laga persahabatan itu akan dilakukan melawan tim yang tidak sembarangan.
Pada bulan Februari atau sebulan setelah timnas tiba di Barcelona dan berlatih tanding dengan Juvenil B, timnas U-23 dijadwalkan melawan tim Spanyol di Madrid dalam laga persahabatan. Selain itu, juga akan menghadapi Hungaria sebelum akhirnya timnas ditransformasikan menjadi sebuah klub pada Maret 2013, yang akan berlaga di sebuah liga. Menurut program yang sudah dirancang, timnas yang berubah bentuk menjadi sebuah klub diharapkan berbasis di Solo dan memiliki stadion yang memadai.
Transformasi menjadi klub ini sendiri tak lama. Pada bulan Juli 2013, timnas dirancang keluar dari kompetisi. Para penggawa akan kembali mengikuti pelatnas di Barcelona selama tiga bulan, sebelum menjajal timnas Spanyol U-23 dan berlatih tanding dengan tim lokal juga tim cadangan Arsenal pada Agustus 2013.
Program, meliputi laga persahabatan dan latih tanding bagi timnas U-23, belum berakhir. Pada September 2013, timnas dijadwalkan melakukan pertandingan melawan Barcelona B di sela-sela pelatnas. Selain itu, para penggawa timnas U-23 akan menghadapi Hungaria U-21 dan tim cadangan Chelsea.
Sementara itu, pada bulan Oktober timnas akan menajajal Real Madrid Castilla, tim cadangan Tottenham Hotspur, Espanyol B, dan Inggris U-23. Adapun pada November timnas direncanakan menghadapi Korea Selatan U-23 dan Jepang U-23 sebelum akhirnya bertolak ke Myanmar untuk mengikuti SEA Games cabang sepak bola.
"Dari tim pelatih, kami sangat mendukung program dari Nine Sport Inc. Intinya bagaimana timnas bisa tampil maksimal di SEA Games nanti. Di SEA Games, kami dari tim pelatih sudah dipatok target yakni meraih emas. Yang pasti, kami masih akan terus membicarakan program ini, paling tidak untuk membahas masalah teknis" terang Aji Santoso di Kantor LPIS, Gedung Energy, Jakarta, Selasa (2/10).
Sebelumnya, asisten pelatih timnas U-23, Edi Nurinda sempat memaparkan program persiapan timnas yang telah dipersiapkan tim pelatih. Persiapan sendiri akan dimulai dengan pemusatan latihan di Malang. Setelah itu, pemusatan latihan akan dilanjutkan dengan pemusatan latihan di Yogyakarta yang dimulai sejak Januari hingga Mei 2013. Pada Mei sampai Juli 2013, pelatnas dilakukan di Belanda, sebelum kembali ke Malang untuk pemusatan latihan yang akan digelar muali Agustus hingga Oktober. Pada tahap terakhir, 23 pemain terpilih akan mengikuti pelatnas di Jakarta hingga berangkat ke Myanmar.