INFO TERBARU

Tahu Nggak, Inilah Jose Mujica Presiden Termiskin Di Dunia


BERITA Bedali- Jose Mujica Presiden Termiskin Di Dunia, seorang presiden umumnya hidup enak dan nikmat dengan fasilitas dan kemudahan yang di berikan dan tentu saja gaji yang besar. Namun percaya atau tidak, hal berbeda didapatkan oleh presiden yang satu ini. Dia mendapat sebuah julukan dari rakyatnya sebagai 'Presiden Paling Miskin Di Dunia' 

pesiden termiskin di dunia

Dialah Jose Mujica, presiden Uruguay dijuluki sebagai "el presidente mas pobre" yang berarti presiden termiskin. Ini disebabkan karena presiden yang berusia 77 tahun tersebut menyumbangkan hampir seluruh gajinya sebagai orang nomer satu untuk rakyat. Kepada surat kabar Spanyol, El Mundo, sahabat anehdidunia.com Jose Mujica mengaku menerima gaji sebesar USD 12.500. Namun ia hanya mengambil USD 1.250 dari gajinya. Alhasil ia pun di anugerahi gelar lain sebagai presiden paling dermawan di dunia.



"Saya  baik-baik saja dengan jumlah (uang) itu, karena di Uruguay banyak yang hidup dengan penghasilan yang jauh lebih sedikit dari itu." tuturnya merendah. seperti dilansir oleh Yahoo, Jose Mujica juga mengajak istrinya yang merupakan seorang senator untuk melakukan hal yang sama.

Langkah! Presiden Jose Mujica bersedia mendonasikan 90% gajinya untuk rakyat. Jose Mujica tinggal dirumah pertanian di Montevideo. Selama dirinya menjadi presiden, pengeluaran terbesar yang pernah ia keluarkan adalah pembelian sebuah mobil Volkswagen Beetle, senila USD 1.945. 

Hal positif lain yang patut diacungi jempol di masa kepemimpinan Mujica adalah tingkat korupsi yang paling sedikit di antara benua Amerika Selatan. Pria yang merupakan mantan pejuang gerilya ini sama sekali tidak memiliki rekening bank ataupun utang. Meski begitu ia mengaku memiliki satu hal berharga yang tidak bisa di beli oleh uang, yaitu anjingnya, Manuela.

Di bawah kepemimpinannya, Uruguay mendapat julukan sebagai negara dengan tingkat korupsi paling kecil. Diketahui, Jose Mujica bukanlah presiden pertama yang menyumbangkan gajinya, Presiden AS John F Kennedy, menyumbangkan gajinya, hal serupa juga dilakukan Presiden Herbert Hoover. Selayaknya hal ini patut dicontoh bagi para pemimpin di dalam negeri kita. Pemimpin yang benar-benar mengabdikan diri dan kekayaannya untuk rakyat. Bukan hanya untuk kekuasaan dan harta.