INFO TERBARU

Usus Buntu Sekarang Tak Perlu Lagi Operasi

Perawatan menggunakan antibiotik memiliki hasil yang sama efektifnya dengan operasi
gambar usus buntu

Berita Bedali-Ada yang merenung dan berkata, untuk apa TUHAN menciptakan usus buntu?, dia buntu, setiap biji cabe dan biji jambu masuk tersesat kedalamnya akan melahirkan rasa sakit, setiap dokterpun akan selalu menyarankan operasi.

Bahkan, karena hampir setiap dokter menyarankan operasi bagi setiap pasien usus buntu, lahirlah istilah bahwa usus buntu diciptakan hanya untuk dijadikan alat praktek oleh dokter pemula.

Sekarang, operasi untuk memotong usus buntu tidak diperlukan lagi. Pasalnya antibiotik diketahui efektif untuk menyembuhkan usus buntu. ini diungkap sebuah penelitian di Swedia.

Sakit usus buntu atau appendix adalah kondisi serius ketika usus buntu mengalami peradangan dan terasa nyeri. Penyakit ini biasanya juga menyebabkan rasa sakit pada bagian perut, kehilangan selera makan, mual, serta demam.

Sebagaimana dilansir Health Me Up (28/09), Jeanette Hansson dari Shalgrenska Academy, University Of Gothenburg, Swedia melakukan penelitian pada pasien dewasa di Shalgrenska Hospital dan Kungalv Hospital. Alhasil, penelitian ini menunjukan bahwa perawatan menggunakan antibiotik memiliki hasil yang sama efektifnya dengan operasi pada kasus usus buntu akut.

"Beberapa pasien sangat merasa kesakitan hingga operasi harus dilakukan. Namun sekitar 80 persen pasien sebenarnya hanya perlu dirawat dengan antibiotik untuk bisa sembuh lagi, "jelas Hansson.

Riset ini juga menunjukan bahwa pasien yang dirawat menggunakan antibiotik lebih sedikit mengalami komplikasi dibanding pasien yang menjalani operasi.

Tapi sayangnya, hingga sekarang belum dipublikasikan nama anibiotik tersebut.