INFO TERBARU

Inilah Penampakan Asli Rumah Di Uang Sepuluh Ribu Rupiah

Bukalah uang Rp 10.000 Anda. Lihatlah salah satu sisinya, ada gambar Rumah Limas yang luas dan berbentuk rumah panggung. Di Museum Balaputra Dewa, Palembang, ini dia penampakan asli Rumah Limas tersebut!

Tahukah Anda, beberapa gambar di pecahan uang kertas rupiah adalah destinasi wisata. Di uang Rp 1.000 ada Pulau Maitara yang ada di antara Pulau Ternate dan Tidore, hingga Danau Beratan di Bedugul, Bali di uang Rp 50.000. Di uang Rp 10.000, ada gambar Rumah Limas yang ternyata benar-benar ada di Sumatera Selatan.

Rumah Limas tersebut ada di dalam Museum Balaputra Dewa atau dikenal juga dengan nama Museum Negeri Sumatera Selatan. Rumahnya berada di bagian paling belakang Museum Balaputra Dewa yang beralamat di Jl Srijaya Negara I No 288, Palembang. Tiket masuknya pun hanya Rp 2.000 saja.

Inilah Penampakan Asli Rumah Di Uang Seribu Rupiah

"Inilah Rumah Limas yang ada di uang Rp 10.000," kata pemandu setempat, Khotman Ghani kepada detikTravel di Museum Balaputradewa, Palembang di sela-sela pagelaran Festival Musi Triboatton 2013, Jumat (22/11/2013) lalu.

Benar saja, saat itu Khotman mengeluarkan uang Rp 10 ribu dan mengajak wartawan melihat uang yang ada gambar Rumah Limas dan rumahnya yang asli dalam satu garis lurus. Wow, benar-benar mirip!

Beberapa rombongan wartawan pun sibuk memotret Rumah Limas tersebut. Khotman pun terus menjelaskan Rumah Limas yang sebenarnya adalah rumah asli masyarakat Palembang di masa lalu dan beberapa masih ada hingga sekarang.

"Kalau yang di Museum Balaputra Dewa ini umurnya sudah 300 tahun dan dulunya rumah ini digunakan oleh Sultan Batun. Keasliannya masih terjaga dan hanya sedikit saja yang direnovasi. Selain di sini, memang masih ada beberapa rumah limas, tapi ya kebanyakan sudah dimodifikasi," ungkap Khotman.


Sumber;Detik.com


0 Response to "Inilah Penampakan Asli Rumah Di Uang Sepuluh Ribu Rupiah"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar yang baik disini tanpa menimbulkan SARA, SPAM,SCAM,dsb